[GameMaker Studio Tutorial] - Animating
OK,ini latihan pertama dalam pembuatan game.Untuk yang belum tahu apa itu game maker studio bisa baca disini sebentar.Sebelum jauh menuju tutorial sebaiknya perlu diketahui apa sih sebenarnya animating itu?animating adalah istilah yang digunakan dalam gamemaker studio untuk menjalankan gambar dari frame yang berbeda menjadi satu frame atau istilah mudahnya membuat video seekian detik untuk menyajikan gambar yang berganti.Yang belum memiliki game maker studio bisa intall dulu disini.Setelah itu untuk yang segera ingin mencobanya download dulu file tambahan berikut.
Jadi link tersebut berisi semua file resources yang ada pada versi game maker pendahulunya yaitu versi 8.0 .
Jadi apa yang ada pada file GM8.0.rar diatas?
gambar diatas menunjukkan isi dari file tersebut.OK lanjut ke tutorial selanjutnya :
buka game maker studionya
setelah itu klik tab new untuk membuat project baru
aku memberi nama projectnya tut1-Animate
klik create maka akan muncul tampilan gamemakerStudio
Sekarang akan saya perkenalkan dengan folder sprite.Jadi,apa itu sprite?sprite adalah sebuah gambar atau animasi yang akan kita gunakan sebagi asset/resource dalam game kita.
klik ikon sprite(yang berlogo seperti pacman) untuk membuat gambar baru
kemudian klik Load sprite arahkan ke folder GM8.0 yang telah diekstrak tadi
arahkan ke sprites\maze - platformer\explorer_left_strip_8.png klik open
klik ok seklai lagi untuk menutup sprite handler
Sekarang kita telah menset up sprite.selanjutnya adalah object. Jadi,apa itu object?object adalah sebuah benda yang ada pada game yang dapat/mampu berinteraksi dengan input player atau semacamnya.
gambar diatas menunjukkan folder object dan ikon untuk membuat baru.setelah klik ikon kita akan melihat object handelr muncul
apa yang akan kita lakukan?kita akan menset sprite untuk object player dengan sprite tadi dan menggerakkan gambarnya.
kemudian kita buat fungsi pengatur animasinya yaitu image_speed .
untuk menggerakkannya kita gunakan image_speed=1 sedangkan untuk menghentikannya kita gunakan image_speed=0.
diatas klik add event kemudian create untuk membuat status awal properties player
klik tab control seret execute_code ke kolom action
kemudian tulis image_speed = 1 klik tanda centang dipojok kiri atas
Satu lagi yang perlu dikenal yaitu room. apa itu room?room adalah sebuah ruangan yang akan menjadi torehan object-object kita.room akan menjadi ruangan dimana player berinteraksi dengan game.
gambar diatas adalah folder room dan ikon untuk mengaksesnya.klik ikon room untuk membuat room baru.
klik tab object dan klik disembarang tempat diarea yang dipenuhi kotak-kotak(gridlines) klik tanda centang.
waktunya tes
klik ikon play sebelah kiri untuk mengetes game.akana da loading cukup lama.kemudian voila sudah jadi.untuk mencoba apakah player berhenti gambarnya bisa ditest dengan merubah nilai image_speed mejadi 0 . sampai ketemu hari berikutnya.Jangan lupa simpan dulu projectnya hehe
Berikutnya movement
Comments
Post a Comment