[GameMaker Studio Tutorial] - Character movement

Hai selamat datang kembali dalam latihan kedua.Kemarin kita telah belajar bagaimana cara menganimasikan gambar di game maker studio.Belum belajar cara menganimasika?baca disini . Baiklah sekarang kita akan belajar bagaimana karakter kita dapat berjalan ke kanan,kekiri,keataas dan kebawah. oke langsung buka saja project yang kemarin

setelah itu kita akan tambahkan sprite untuk berjalan ke atas,bawah,kanan dan kiri

caranya masih sama seperti kemarin klik ikon sprite atau klik kanan pada folder sprite dan create sprite.oke setelah semua sprite dimasukkan.Kalian mungkin akan menyadari bahwa sprritenya memiliki nama yang urut.yah,ini mungkin bagus.tapi unntuk mempermudah pekerjaan kita kedepannya.Kita akan memberi nama mereka(sprite) sesuai dengan gambarnya.jadi untuk sprite yang menghadap ke kiri kita tulis "spr_kiri" untuk ke kanan "spr_kanan" dan seterusnya

Dengan begini semua sprite telah kita rubah namanya.sekarang waktunya menulis kode untuk pergerakannya.Pertama kita akan membuat player merespon tombol terlebih dahulu.kita akan gunakna tombol arah panah.oke langsung menuju properties objel dengan cara klik kanan object0 kmeudian klik properties

Setelah itu kita tambahkan event keboard pressed key down

klik tab control kita seret execute code ke kolom action tulis sprite_index=spr_bawah
 lakukan hal yang sama pada arah atas
klik add event keyboard up
pada arah kanan
klik add event keyboard right

pada arah kiri
klik add event keyboard left

Selamat semua script telah dituils.sekarang saatnya mentest klik tombol play sebelah kiri(warna hijau)

Ada yang aneh?ya,karakternya tetap berjalan padahal tidak ada tombol yang sitekan.okay,itu terjadi karena image_speed atau kecepatan gambarnya mungkin masih diset menjadi 1.sekarang kita sek dulu menjadi 0. buka properties object0.pada event create double klik pada scriptnya
berikutnya tulis image_speed=0


simpan dan itu seharusnya menyelesaikan masalahnya.
Sekarang menuju keanehan yang kedua.Player nggak berpindah dari tempat?ya,itu terjadi karena kita hanya menulis script untuk mengganti gambar(sprite) sekarang kita buka lagi untuk setiap posisi dan menambahkan posisi perpindahan

dimulai dari kiri
buka scriptnya

dan tulis x -=2

klik ok(tanda centang pojok kiri atas)

untuk yang atas
buka scriptnya 

tulis y -=2

untuk yang kanan
buka scriptnya tulis x+=2
yang kebawah tulis y +=2

baiklah sekarang waktunya tes lagi klik tombol play
menemukan keanehan?ya,sekarang karakternya malah tidak berjalan.Itu terjadi karena image_speednya kita jadikan 0. nah caranya adalah maka untuk setiap tombol kita tambahkan script image_speed =1 . 
Satu lagi langkah untuk memperhalus semuanya.Teman-teman pasti menyadari bahwa setelah tidak ada tombol ditekanpun plpayer masih tetap bergerak.solusinya adalah saat tidak ada tombol yang ditekan maka image_speed =0. 

klik add event keyboard <no key>

kemudian tulis image_speed =0   . sekian,dengan ini latihan kedua diakhiri :) . sampai ketemu lagii :D





Comments

Popular Posts